Saat ini penggunaan chat bot pada aplikasi whatsapp cukup diminati banyak pebisnis, karena dinilai dapat membantu meringankan pekerjaan dalam bidang pelayanan konsumen seperti custemorservice. Tidak hanya itu dengan adanya chat bot wa dapat meningkatkan performa penjualan dan customerexperience, karena dapat melayani pelanggan dalam 24 jam dengan cepat.

Apa itu Wa Bot Chat?

Chat bot merupakan sistem yang dibuat melalui komputer dengan rumus algoritma programming yang dapat melakukan simulasi percakapan seperti manusia melalui pesan ketikan ataupun pesan suara. Sehingga dengan adanya bot chat dapat membantu melayani pelanggan yang sedang membutuhkan pertolongan dengan cepat dan tepat secara otomatis.

Chat bot dibuat menggunakan algoritma kompleks artificialintelligence (AI). Yang mana merupakan salah satu inovasi robot canggih pada jaman yang berteknologi maju dan berkembang. Sehingga tidak heran apabila banyak bermunculan produk canggih yang baru.

Manfaat Chat Bot Whatsapp di Masa Pandemi

Seperti yang kita tahu beberapa waktu yang lalu dunia digemparkan dengan adanya virus Covid-19 yang menjadikan Negara di Dunia terkena dampaknya. Akibatnya banyak pembatasan yang diberlakukan, termasuk salah satunya aktivitas sehari-hari seperti berdagang, bersekolah, bekerja, dll. 

Sehingga banyak yang memulai menerapkan kebijakan workfromhome, atau dengan kata lain semua pekerjaan dialihkan di rumah. Agar dapat meminimalisir kontak langsung dengan penderita, dna dapat memutus rantai penyebaran virus.

Namun tahukah anda, ternyata dengan adanya wa bot chat ini sangat membantu masyarakat khususnya bagi pebisnis. Karena dengan kegiatan yang hanya dirumah saja, jika harus membalas pertanyaan konsumen sambil bekerja di rumah memanglah hal yang tidak mudah.

Dengan adanya bot chat tersebut para pemilik bisnis tidak repot lagi membalas permintaan konsumen karena sudah teratasi dengan bot tersebut. Dengan begitu pekerjaan dapat terbantu dan dapat terselesaikan dengan cepat. Tidak hanya itu terdapat manfaat lain, diantaranya:

  1. Sistem Auto-Replay
  2. Broadcast dan Dapat Melakukan Pesan Otomatis
  3. Meningkatkan Omzet Jualan
  4. Personalisasi pesan
  5. Dapat meningkatkan produk
  6. Menghadirkan brandawareness
  7. Menciptakan customerexperience

Cara Membuat WhatsappChat Bot

Pembuatan whatsappchat bot pada wa harus menggunakan Whatsapp Bisnis API, yang mana merupakan perkembangan fitur dari whatsapp yang  dirancang khusus pengguna bisnis.

  1. Pastikan whatsapp dalam kategori API bisnis
  2. Lakukan peng-install-anchat bot pada nomor whatsappanda, kemudain lengkapi profile
  3. Buat script yang sesuai dengan pertanyaan yang sekiranya akan diajukan oleh konsumen.
  4. Uji chat bot wa dan pastikan bot dapat bekerja dengan baik

Demikian pembahasan tentang wachat bot mulai dari pengerian, manfaat hingga cara membuatnya. Pembuatannya cukup mudah bukan? Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *