Kartu nama bisa berperan sangat penting pada personal branding atau bisnis anda untuk menampilkan kesan pertama yang berkesan nan menarik di mata calon klien atau calon partner kerja. Oleh karena itu mendesain dan cetak kartu nama murah sebaiknya jangan dilakukan dengan sembarangan. Anda perlu mengetahui bagaimana cara cetak kartu nama murah tersebut hingga jadi.

Berikut bagaimana cara cetak kartu nama murah dengan baik dan benar.

  1. Pilih Spesifikasi Ukuran dan Tampilan Kartu Nama 

Anda bisa memilih bahan dari kartu nama anda. Untuk bahan standar pembuatan kartu nama biasanya menggunakan art carton 260 gsm atau art carton 310 gsm. Standarnya ukuran kartu nama itu berkisar 9 x 5,5 cm.

Kertas dengan ketebalan 210-260 gsm memang sering digunakan untuk mencetak kartu nama. Selain itu juga digunakan untuk mencetak undangan, sertifikat, dsb. Sedangkan untuk kertas dengan tebal 270-310 gsm cocok sebagai poster, udangan, dan kartu nama dengan kesan lebih premium.

Spesifikasi lainnya adalah anda ingin kartu nama anda terdiri dari satu sisi atau kedua sisi, memiliki sudut yang tumpul atau lancip.

  1. Tentukan Laminasinya

Untuk pilihan laminasinya, anda bisa memilih antara doff, yang merupakan laminasi dengan efek kesat namun halus ketika dipegang sehingga membuat permukaannya tidak memantulkan cahaya. Glossy yang memberikan efek laminasi mengkilap seperti kaca bening yang membuat kartu nama anda memancarkan warna dan mudah untuk dibersihkan. Anda juga bisa memilih tanpa menggunakan laminasi.

  1. Tentukan Kuantitas yang Ingin Anda Cetak

Saat cetak kartu nama, biasanya dilakukan dengan menggunakan ukuran per kotak. Jumlah isi dari 1 kotak bergantung pada tempat anda mencetak. Ada yang 1 kotak isi 50 pcs, ada juga yang 1 kotak isi 100 pcs. Harganya pun tergantung tempat anda mencetak. Namun standarnya adalah Rp 20.000 per satu kotaknya yang berisi 100 pcs dengan kualitas kartu nama standar

  1. Tentukan Metode Desain Kartu Nama

Dalam mendesain kartu nama, ada beberapa pilihan. Pertama anda bisa menggunakan jasa desain kartu nama. Kelebihannya pasti sudah jelas profesional dan elegan. Kekurangannya tentu saja anda perlu membayar jasa desain tersebut sehingga keluar uang lebih banyak.

Pilihan kedua adalah anda menggunakan jasa di tempat anda cetak kartu nama murah tersebut. Biasanya tempat mencetak juga menyediakan jasa desain kartu nama sehingga anda bisa sekalian membuatnya di sana. Pilihan ini tentu saja anda harus membayar lebih lagi.

Pilihan ketiga anda bisa mendesainnya sendiri. Apalagi saat ini banyak template-template cantik dan keren yang bisa anda gunakan dengan mudah untuk mendesain kartu nama anda sendiri. Pilihan ini akan lebih menghemat budget anda dan anda bisa membuat kartu nama yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *