Jurusan kuliah S1 Data Science memang masih terdengar asing bagi banyak orang untuk saat ini. Merupakan hal yang wajar karena memang jurusan ini termasuk dalam bidang studi yang muncul seiring perkembangan teknologi. Kaitannya dengan era digital saat ini, sudah tentu terdapat prospek kerja yang menarik bagi lulusan dari jurusan tersebut.

Bekerja Dengan Data Di Balik Layar

Sesuai dengan nama dari jurusannya itu sendiri, mahasiswa S1 Data Science nantinya akan bekerja dalam lingkup pengolahan data. Istilah pengolahan data itu sendiri tentu bukan merupakan satu istilah yang sederhana. Di dalamnya terdapat cakupan yang luas sebagai ranah yang akan dijamah mereka – mereka dengan penguasaan bidang kelimuan Data Science. Maka dari itu dalam hal prospek kerjanya juga tidak hanya terdapat satu atau dua posisi saja.

Pilihan Utama Pekerjaan Yang Tersedia

Secara umum, terdapat 4 jenis posisi yang berbeda bagi siapa saja yang memiliki dasar keilmuan Data Science di era digital saat ini. Setiap posisi yang tersedia memiliki spesialisasinya masing – masing yang berbeda dari yang lainnya. Terkait dengan spsialisasinya tersebut tentu dapat difokuskan ketika masih menempuh studi S1 Data Science. Lalu, apa saa posisi yang tersedia?

Data Analyst adalah salah satu posisi yang tersedia dengan fokus utama pekerjaannya adalah menganalisa data. Era digital saat ini menjadikan analisa data sangat penting dalam beragam hal. Hasil yang akurat dari analisa data dalam suatu perusahaan dapat digunakan untuk memaksimalkan potensi bisnis dari perusahaan itu sendiri. Sudah tentu posisi ini menawarkan prospek yang menarik.

Selain itu dalam lingkup Data Science ini terdapat juga posisi bekerja sebagai Data Architect. Seperti namanya yaitu arsitek, seseorang dalam posisi ini akan merancang beragam infrastruktur dalam perusahaan yang berlandaskan data perusahaan. Hasil analisa data yang bagus dan akurat belum tentu akan bermanfaat jika tidak ada seorang Data Architect yang mampu mengolahnya lagi. Lagi lagi terlihat jelas bahwa terdapat prospek yang menjanjikan dalam pekerjaan tersebut.

Selanjutnya ada juga posisi sebagai Data Engineer atau sebut saja insinyur data. Seperti halnya arsitek dan insinyur dalam bidang Teknik Sipil, tanggung jawab pekerjaannya juga serupa dalam bidang Data Science. Seorang Data Engineer akan berfokus pada konstruksi dari data – data yang tersedia berdasarkan rancangan dari Data Architect. Posisi yang satu ini cenderung yang paling dicari untuk saat ini.

Dengan mengetahui posisi – posisi kerja dengan prospek menarik bagi mahasiswa Data Science ini tentu saja dapat membantu pemilihan spesialisasi studinya. Selain itu juga hal ini dapat digunakan untuk meyakinkan para orang tua yang mungkin belum begitu paham dengan jurusan – jurusan kuliah terkait kemajuan dan perkembangan teknologi seperti S1 Data Science itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *