Sistem ERP ecommerce banyak digunakan dalam dunia bisnis digital termasuk pelaku usaha UMKM untuk mengelola aktivitas operasional bisnis yang dijalankan. Ada beberapa jenis ERP ecommerce yang banyak digunakan oleh perusahaan besar hingga pelaku usaha UMKM. Jenis ERP ini mudah dijumpai di Indonesia maupun luar negeri. Apa saja itu? berikut daftarnya.

On Premise ERP

Sederhananya, On-Premise ERP mengacu pada solusi manajemen bisnis yang diinstal secara lokal di server dan arsitektur perangkat keras perusahaan sendiri. Pemeliharaan perangkat keras akan menjadi tanggung jawab perusahaan.

Software ini bisa juga disebut dengan ERP konvensional atau ERP di tempat. Sistem ini dipasang di server komputer dan perangkat keras lainnya yang dikelola oleh teknisi IT. Adapun biaya yang diperlukan untuk menerapkan sistem ERP konvensional dalam bisnis rupanya tergolong cukup tinggi. Setiap perusahaan harus membeli beberapa item hardware agar dapat sistem yang digunakan dapat berjalan.

Tak hanya itu, ERP konvensional biasanya digunakan untuk perusahaan berskala besar, sehingga perusahaan juga harus memiliki staff IT yang bertanggung jawab untuk memelihara dan mengelola sistem On Premise ERP ini karena memerlukan upgrade secara berkala.

Meski biaya yang dikeluarkan cukup besar, On Premise ERP cukup banyak digunakan karena sistemnya yang memudahkan untuk menangani data-data internal pada perusahaan agar keamanannya lebih terjamin.

Cloud Erp

Cloud ERP atau disebut ERP SaaS adalah sistem ERP ecommerce yang dapat diakses melalui browser web. Pemeliharaan perangkat keras akan menjadi tanggung jawab penyedia Cloud. Beberapa istilah serupa yang digunakan untuk Cloud ERP adalah Hosted ERP.

Jenis sistem ERP yang satu ini dapat digunakan dan dipilih oleh perusahaan untuk mengelola data dengan kontrol terpusat lewat koneksi internet. Vendor ERP ini memiliki tanggung jawab dalam kelancaran sistem dan mengawasinya dari backend. Sementara, para penggunanya hanya membutuhkan username dan password  untuk mengakses sistem dari browser.

Berbeda dari ERP konvensional, biaya yang diperlukan untuk menggunakan Cloud ERP juga lebih terjangkau. Para penggunanya akan dikenakan biaya selama mereka memanfaatkan sistem cloud ERP tersebut. Karena harganya yang lebih terjangkau, sistem cloud ERP ini banyak digunakan untuk bisnis skala kecil hingga menengah dengan segudang keunggulan yang ditawarkan.

Hybrid ERP

Hybrid ERP merupakan sistem ERP ecommerce paduan dari On Premise ERP dan Cloud ERP. Jenis ERP ini telah banyak diambil oleh perusahaan untuk mengoptimalkan sistem ERP konvensional yang sudah ada tanpa perlu mengubahnya.

Jika dilihat dari segi biaya, Hybrid ERP dinilai lebih murah dibandingkan sistem on-premise ERP yang mengharuskan untuk menginstall hardware seperti server. Sistem ini juga akan sangat memudahkan teknisi IT sehingga pengeluaran biaya implementasi dan perawatan pun akan lebih hemat daripada jenis lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *