Genset atau Generator Set menjadi salah satu barang yang cukup diperlukan pada masa ini. Bukan hanya untuk kebutuhan industri, namun beberapa rumah juga mulai menggunakan genset sebagai daya listrik cadangan jika terjadi pemadaman listrik secara mendadak. Harga genset 20 KVA yang cukup murah membuat tipe genset ini banyak dijadikan pilihan.

Informasi Dasar Soal KVA

Ketika membeli genset, pasti anda akan ditanya berapa kapasitas yang anda inginkan. Satuan kapasitasnya sering disebut dengan KVA atau Kilo Volt Ampere. Satu inilah yang menjadi tolak ukur berapa banyak perangkat listrik yang dapat digunakan ketika aliran listrik dipasok dari genset. Selain itu, KVA ini juga sering menjadi faktor yang mempengaruhi harga mesin genset yang akan anda beli.

Nama lain dari KVA ini adalah daya semu, karena KVA ini berbeda dengan daya yang dapat digunakan dari sebuah mesin genset. Ketika anda membeli mesin genset dengan kapasitas tertentu, daya yang dapat digunakan hanya 80%. Hal ini karena selain daya yang bisa digunakan, ada pula daya yang terbuang dari satu aktivitas penggunaan daya pada genset.

Daya yang tersisa atau daya yang benar-benar dapat digunakan disebut Kilo Watt atau KW. Meski begitu, pemotongan daya ini tetap tidak mempengaruhi harga mesin genset, karena meski “terpotong” daya yang terbuang, hal itu merupakan satu proses kesatuan dalam cara kerja mesin genset dalam memenuhi daya listrik yang dibutuhkan.

Kesimpulan

Dari penjabaran diatas, dapat ditarik kesimpulan, bahwa ketika anda membeli genset dengan kapasitas 20 KVA yang dalam hal ini, anda harus membayar harga genset 20 KVA sekitar 9 jutaan, daya yang dapat anda gunakan hanya 18 KVA. Meski begitu anda tidak akan mendapat potongan harga mesin genset menjadi 7 jutaan.

Hal ini disebabkan, keseluruhan proses sehingga menghasilkan daya yang dapat digunakan dan daya yang terbuang adalah satu proses kesatuan dalam genset yang pada akhirnya dapat menghasilkan daya yang dapat anda gunakan.

Selain itu, karena harga mesin genset tergantung kapasitas dayanya, maka pastikan anda benar-benar mengetahui berapa kapasitas daya yang anda butuhkan. Agar dapat membeli mesin genset yang tepat dan dana yang dikeluarkan tidak sia-sia.

Dengan faktor tersebut, dapat dipastikan bahwa harga sebuah mesin genset dengan kapasitas daya 1000 KVA akan berbeda dengan harga genset 20 KVA. Bagi anda yang ingin membeli genset untuk kebutuhan rumah, kantor skala kecil hingga sedang, minimarket dan gedung kapasitas kecil hingga standar lainnya, memilih mesin genset 20 KVA sudah menjadi pilihan tepat. 

Selain karena kapasitasnya yang mencukupi, ukuran genset ini tidak terlalu besar dan memiliki varian “silent” yang menjamin anda tidak akan terganggu oleh suara mesin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *