Berbicara tentang modal usaha pasti kita akan berbicara tentan keuangan. Ketika anda tidak memiliki tabungan untuk dijadikan modal, beberapa alternatif lain hadir dan dapat membantu anda meminjamkan modal untuk memulai usaha. Beberapa contoh alternatif modal usaha misalnya adalah kredit dengan jaminan, peminjaman Bank, kredit usaha rakyat, kredit tanpa angunan, kompetisi business plan, koperasi simpan pinjam dan lain sebagainya.

Sumber-sumber pinjaman modal tersebut dapat digunakan bagi anda sebagai pelaku usaha, akan tetapi dengan catatan bahwa anda telah memiliki rencana yang matang akan usaha anda, dan bagaimana modal berputar menghasilkan keuntungan yang tidak akan menimbulkan kerugian dengan pembayaran suku bunga bulanan dari pinjaman modal tersebut. Kemudian yang harus anda ketahui juga adalah, tips dan trik serta bagaimana mengajukan pinjaman modal di sumber pinjaman modal tersebut, karena tidak semua lembaga memberikan persyaratan pinjaman modal yang sama. 

Contohnya koperasi simpan pinjam, basis dari koperasi di Indonesia yang sistemnya kekeluargaan dan sukarela, maka ada beberapa tips dan trik serta cara meminjam modal usaha di koperasi simpan pinjam ini, diantaranya:

  1. Memastikan koperasi sumber pinjaman modal

Jika tujuan anda adalah meminjam untuk modal, pastikan koperasi yang anda pilih adalah koperasi simpan pinjam karena tidak semua koperasi melayani pinjaman dana. Kemudian pastikan koperasi simpan pinjam yang anda tuju tersebut terdaftar di Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia, serta terdaftar juga di badan Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Selain itu anda juga harus mengetahui apakah koperasi simpan pinjam tersebut memiliki izin transfer dana dari bank di Indonesia, kemudian memiliki dan mengikuti rapat tahunan rutin atau tidak dan mengetahui tentang Sisa Hasil Usaha.

  1. Memenuhi syarat mengajukan pinjaman usaha

Sebagai seorang individu, untuk mengajukan pinjaman koperasi simpan pinjam juga memiliki kriteria dan klasifikasi bagi perseorangan yang mengajukan pinjaman di lembaganya. Syarat terpenuhinya seseorang mengajukan pinjaman usaha pada koperasi simpan pinjam diantaranya:

  • Merupakan warga negara Indonesia (WNI)
  • Paham bahwa keanggotaan dalam koperasi merupakan bentuk perseorangan bukan dalam bentuk badan hukum
  • Melaksanakan aturan pembayaran simpanan pokok dan simpanan wajib sesuai ketentuan yang berlaku
  • Menyetujui hasil keputusan Rapat Anggota Tahunan khususnya Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.
  1. Pengajuan pinjaman

Setelah menentukan koperasi simpan pinjam yang anda tuju, anda bisa memenuhi kelengkapan syarat dokumen seperti KTP, KK, serta berkas pendukung lainnya. Siapkan proposal pengajuan pinjaman untuk usaha anda. Kemudian datanglah ke kantor koperasi yang bersangkutan, pelajari dengan cermat segala ketentuan dan persyaratan. Jika proposal anda disetujui oleh pihak koperasi, maka dana pinjaman yang anda ajukan akan cair sesegera mungkin sesuai dengan aturan koperasi simpan pinjam yang berlaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *