Bagi kamu yang ingin memanggang makanan, mungkin tidak ada salahnya memiliki satu buah griddle di rumah. Dengan griddle, memanggang makanan menjadi jauh lebih mudah karena permukaannya yang luas, sehingga panas dapat merata ke permukaan makanan.

Di antara sekian banyak jenis griddle yang dijual di pasaran, mungkin jual griddle pan menjadi rekomendasi yang cocok untuk kamu.

Meski lebih kecil dibandingkan jenis griddle yang lain, kebanyakan griddle pan sudah memiliki lapisan anti lengket sehingga mudah dibersihkan. Selain itu, ukurannya tidak terlalu besar dan harganya cukup terjangkau.

Saat ini, sudah banyak tempat jual griddle pan. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih griddle pan. Di antaranya:

  • Memilih Griddle Pan Berbahan Cast Iron

Cast iron memiliki karakteristik yang awet dan tahan panas. Sehingga, kamu perlu memiliki griddle pan dengan bahan ini jika ingin menggunakannya dalam waktu yang lama.

Meski ada griddle pan berbahan stainless steel dan aluminium yang memiliki bobot ringan dengan harga yang lebih murah, kedua bahan tersebut kurang baik dalam menahan dan meratakan panas.

  • Memilih Griddle Pan Berbentuk Kotak

Griddle pan memiliki dua bentuk. Yaitu kotak dan bundar. Sebenarnya, ini tergantung selera masing-masing. Namun, kami sarankan untuk memilih griddle pan berbentuk kotak.

Bukan tanpa alasan. Secara teoritis, griddle pan kotak memiliki luas permukaan yang lebih lebar dibandingkan griddle pan bundar, meski keduanya memiliki diameter yang sama.

Sebagai contoh, griddle pan bundar dengan diameter 10 inch memiliki luas permukaan kira-kira 78 inch. Sedangkan griddle pan kotak memiliki dengan diameter 10 inch luas permukaan 100 inch. Jauh lebih besar, bukan?

  • Memilih Griddle Pan dengan Tutup

Meski terlihat aneh jika griddle pan diberikan tutup, namun kamu jangan salah jika ternyata griddle pan dengan tutup memiliki kelebihan tersendiri.

Ketika menutup griddle pan saat memanggang daging, panas di dalam griddle pan akan membuat kematangan daging lebih merata seperti halnya memanggang di oven.

Itulah tadi beberapa tips saat memilih griddle pan. Dengan membeli griddle pan di toko jual griddle pan, kamu bisa membuat barbeque di rumah kamu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *