Ketika Anda ingin mendapatkan sebuah sertifikat TOEFL, Anda harus mengikuti tesnya terlebih dahulu yang umumnya diadakan di beberapa kampus ataupun lembaga kursus bahasa Inggris TOEFL yang ada di Indonesia. Sebelum mengambil tes, usahakan untuk mencari tahu terlebih dahulu perbedaan dari tes TOEFL IBT dan juga ITP supaya tidak salah memilihnya.

Perbedaan TOEFL IBT dengan TOEFL ITP atau PBT

Terdapat beberapa perbedaan dari TOEFL IBT dengan ITP yang harus Anda ketahui supaya tidak salah di dalam pemilihannya. Hal tersebut dikarenakan masih sering yang sulit membedakan diantara keduanya. Berikut ini beberapa perbedaannya yang harus Anda ketahui:

  1. Tes TOEFL IBT Anda akan diuji di dalam 4 kemampuan bahasa Inggris seperti speaking, listening, writing, dan juga reading. Sedangkan tes TOEFL ITP digunakan untuk menguji 3 skill atau kemampuan Anda di dalam structure & written expression, listening, dan juga reading. 
  2. Skor dari tes TOEFL IBT mempunyai durasi maksimal sebesar 4 jam, sedangkan durasi dari TOEFL ITP sebesar 2 jam lebih 15 menit.
  3. Jenis TOEFL IBT telah diselenggarakan oleh lembaga yang bergabung atau berafiliasi secara langsung dengan pihak ETS selaku pemilik resmi dari TOEFL. Sedangkan TOEFL ITP seringnya diadakan oleh pihak pusat bahasa, universitas, ataupun lembaga kursus bahasa Inggris TOEFL yang sudah mempunyai izin resmi.
  4. Sertifikat dari TOEFL IBT bisa digunakan di semua belahan dunia karena diakui secara internasional. Sedangkan sertifikat TOEFL ITP hanya dapat Anda gunakan di lingkung dalam negeri dan terbatas.
  5. Rentang skor dari TOEFL IBT 0 hingga 120 sedangkan rentang skor dari TOEFL ITP adalah 310 hingga 677.
  6. Biaya tes TOEFL IBT yang ada di Indonesia berkisar sebesar Rp 2,9 juta atau senilai dengan 205 Dolar AS, sedangkan biaya tes TOEFL ITP adalah sekitar Rp 500.000,00. Biaya tersebut tentunya tergantung dari lokasi ujian Anda karena bisa berbeda.

Pilih TOEFL IBT atau TOEFL ITP?

Pilihan ini sebenarnya tergantung dari individu masing-masing. Apabila instansi yang dituju hanya memberikan persyaratan untuk melampirkan sertifikat TOEFL ITP, maka Anda hanya perlu melakukan tes TOEFL ITP. Namun, ketika di dalam persyaratan tersebut merupakan sertifikat TOEFL IBT, maka silahkan pilih tes TOEFL IBT. Walaupun seperti itu, Anda harus selalu ingat untuk mempersiapkan diri sebisa Anda ketika ingin melakukan TOEFL IBT mengingat biaya tes yang harus Anda keluarkan tidaklah murah.

Sekarang sudah tahu bukan perbedaan diantara keduanya? Silakan pilih saat ini juga ingin kursus bahasa Inggris TOEFL supaya diberikan kelancaran di dalam mengerjakan tes. Pastikan untuk memilih lembaga yang resmi ya, karena kalau lembaga yang dipilih tidak resmi, maka sertifikat Anda juga tidak akan diakui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *