Keamanan produk pangan, obat dan kosmetik diawasi oleh sebuah lembaga pemerintah yakni Badan Pengawas Obat dan Makanan jasa registrasi BPOM. Produk yang dinyatakan aman oleh lembaga ini akan mendapatkan ijin edar sebagai garansi keamanan bagi konsumen. Yuk simak fungsi dan biaya yang perlu dikeluarkan untuk jasa registrasi bpom hingga pemasaran produk.

Biaya Jasa Registrasi BPOM

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2017, dijelaskan bahwa biaya registrasi termasuk dalam komponen Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Pada pasal 3 dijelaskan bahwa pelaku usaha menengah dan industri rumah tangga dikenakan tarif sebanyak 50 persen dari tarif yang ditetapkan. Untuk biaya ijin bpom dirinci sebagai berikut:

  1. Setiap produk obat-obatan dan makanan dikenakan biaya registrasi sebesar Rp 100.000.
  2. Jasa notifikasi kosmetik yang diimport dari luar negeriĀ  (negara diluar ASEAN) dikenakan biaya Rp 1,5 juta per produk.
  3. Jasa notifikasi kosmetik yang di import dari luar negeri (negara dalam ASEAN) dikenakan biaya sebesar Rp. 500.000
  4. Perpanjangan registrasi yang berlaku selama 5 tahun dikenakan biaya sebesar satu juta rupiah untuk skala usaha kecil dan obat tradisional.
  5. Biaya sertifikasi cara pembuatan kosmetik yang baik (CPKB) adalah sebesar Rp 5.000.000

Pada pasal 1 dijelaskan bahwa jenis pembayaran PNBP yang berlaku meliputi keseluruhan proses mulai dari jasa registrasi bpom, pendaftaran, evaluasi, inspeksi, jasa sertifikasi, dan jasa pengujian.

Fungsi Registrasi dan Jasa Registrasi BPOM

Sebelum melakukan Jasa registrasi bpom, yuk pahami beberapa fungsi registrasi BPOM bagi pelaku usaha:

  1. Adanya evaluasi produk sebelum beredar dipasaran sehingga kualitasnya terjamin.
  2. Melalui proses standarisasi dan regulasi yang berlaku
  3. Proses pengujian dengan sertifikasi dan lisensi di bidang farmasi sesuai dengan Standar Operating Prosedur yang berlaku
  4. Adanya audit iklan dan promosi
  5. Adanya penelitian dan riset terkait kebijakan pengawasan makanan dan obat.
  6. Adanya informasi, komunikasi dan edukasi kepada masyarakat luas.

Semua proses pengawasan dan pengeluaran ijin BPOM dilakukan berdasarkan sistem SISPOM yang efisien dan efektif dengan mengedepankan aspek kecepatan, ketepatan, akurat dan profesional serta berskala luas dengan jaringan kerja nasional dan internasional.

Tunggu apalagi segera daftarkan produk jualan agar mendapatkan jasa registrasi BPOM. Jika ingin semua proses ditangani tenaga ahli profesional dapat menggunakan jasa registrasi bpom dari pihak terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *