Kepopuleran WA (WhatsApp) dengan jumlah pemakai yang telah mencapai hingga 1,5 miliar pengguna kalangan komersial dan bisnis pun mulai tertarik untuk juga menggunakannya. Guna mengakomodir keperluan perusahaan besar dan menengah yang telah memiliki jumlah konsumen dan pelanggan yang cukup banyak tersebut maka selain menyediakan WhatsApp Bussines atau WA versi bisnis maka ada juga yang namanya WhatsApp API (Application Programming Interface) yang cara untuk bisa mendapatkannya ialah dengan mendaftar melalui WhatsApp Business Service Provider.

WhatsApp API

Jika WA business bisa didapat gratis dengan langsung mendownloadnya di berbagai tempat penjualan aplikasi seperti Google Play untuk smartphone berbasis android atau app store lainnya dan lalu install dan memakainya, maka tidak dengan WA API yang harus dibantu WA BSP untuk mendaftarkan dan mendapatkan akunnya. Guna keperluan bisnis kalangan besar dan menengah WA Business dirasa kurang, dan akan lebih tepat menggunakan WA API yang dengan adanya API (Application Programming Interface) yang ialah serangkaian kode yang mampu mengintegrasikan penggunaan WA API dengan sistem yang telah ada di perusahaan, maka akan memperlancar dan mampu untuk melakukan otomatisasi chat dan lain sebagainya dalam penggunaan WA API tersebut.

Apa itu WA (WhatsApp) Business Service Provider atau WA BSP

WhatsApp Business Service Provider (BSP) ialah pihak ketiga yang menyediakan jasa terkait Whatsapp APIĀ  yakni mulai dari pendaftarannya hingga penyediaan software terkait guna pengintegrasian dan otomatisasi dan lain sebagainya dalam penggunaan WA API tersebut. WA BSP ialah merupakan komunitas global penyedia solusi pihak ketiga dengan keahlian terkait dengan API WhatsApp Business.

Jenis WA BSP

WhatsApp Business Service Provider (BSP) atau WA BSP bisa dibagi menjadi dua, yakni WA BSP yang telah terotorisasi oleh pihak WhatApps dan WA BSP yang belum terotorisasi dengan WhatsApps. Bagi perusahaan atau organisasi atau kalangan bisnis yang ingin membuat WA API nya maka sebaiknya memilih untuk menjalin kerjasama dengan WA BSP yang telah terotorisasi dan masuk daftar buku putih WhatsApp sehingga tak akan mengalami kendala apapun dalam pemakaian WA API nya ke depannya nanti di masa selanjutnya.

Mengenai WA BSP yang telah terotorisasi tersebut bisa ditanyakan kepada pihak WhatsApp.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *