Pada dasarnya bimbel online dan bimbel offline terlihat tidak jauh berbeda, karena keduanya sama-sama memberikan layanan pembelajaran bagi para siswa yang memang ingin memperoleh materi pelajaran secara lebih baik. Tapi dibanding bimbel offline, layanan bimbel online memberikan beberapa manfaat tambahan untuk para siswa, antara lainĀ  :

  1. Lebih praktis dan fleksibel

Banyak yang tidak menyadari bahwa kegiatan belajar yang dilakukan secara online, dinilai lebih praktis dan lebih fleksibel. Saat ini banyak guru bimbel online yang memberikan materi dengan menggunakan berbagai macam media, yang mudah diakses kapan dan dimana saja, seperti gadget laptop dan yang lainnya. Ini yang membuat anak-anak lebih leluasa dalam mengikuti berbagai macam materi pembelajaran yang diberikan.

Selain itu, Anda selaku orang tua, juga tidak perlu repot mengantarkan sang anak ke tempat bimbel, karena seperti namanya online, maka anak dapat belajar dimana saja.   

  1. Anak jadi lebih bebas bereksplorasi

Salah satu pengaruh bimbel online terhadap prestasi siswa adalah membuat anak jadi lebih semangat  belajar. Ini adalah salah satu prestasi yang dibilang baik. Semangat belajar ini sendiri muncul, dari beberapa macam fitur menarik, yang diberikan oleh bimbel online.

Hadirnya berbagai macam fitur tersebut, akan membantu anak dalam mengeksplorasi materi atau latihan soal apa yang ingin dipelajari dan dikerjakan saat ini. Ini akan jadi kebebasan penting bagi anak dalam hal belajar, tanpa ada keterpaksaan.

Selain itu, materi-materi yang diberikan, juga biasanya lebih disederhanakan, hingga mudah dimengerti oleh anak-anak.  

  1. Membuat anak belajar disiplin dan rasa tanggung jawab

Manfaat lain yang juga jarang orang sadari dari bimbel online adalah, mendidik anak untuk belajar disiplin dan lebih bertanggung jawab.

Disini anak akan diberi kepercayaan dalam mengelola waktu yang ada, kapan waktu untuk bermain, belajar, dan yang lainnya. Walaupun sepele, namun sedikit banyak hal tersebut, cukup memberikan pelajaran pada sang anak, tentang bagaimana harus bersikap, dan membagi waktu. Agar kelak, anak jadi lebih bijak dalam membagi waktu dan mengerjakan berbagai pekerjaan lainnya.  

  1. Anak jadi belajar cara menggunakan internet dengan baik

Perkembangan zaman memang tidak dapat dibendung oleh sebab itu, hadirnya layanan bimbel online seperti ini seolah jadi angin segar untuk Anda para orang tua, untuk dapat lebih memperkenalkan dunia online pada anak-anaknya secara lebih baik, terarah dan pastinya sesuai fungsinya.

Dengan adanya layanan dan bimbingan yang baik dari orang tua, pastinya anak tidak hanya mengerti dan dapat belajar dengan baik, juga dapat mengenal dan menggunakan dunia online secara lebih bijak.

  1. Orang tua mudah memantau kegiatan belajar anak

Manfaat lainnya adalah, orang tua, jadi lebih mudah memantau anak dalam hal kegiatan belajar mengajar. Ini juga yang membuat para orang tua jadi lebih mengerti bagaimana progres kegiatan belajar anak, dan sampai dimana pengetahuan anak dan kesiapan anak akan berbagai mata pelajaran yang ada.

Secara tidak langsung, jika orang tua mau turun tangan, program bimbel online seperti ini, akan membuat ikatan emosi anak dan orang tua jadi lebih terbangun dengan baik, dan pastinya akan membuat anak jadi dapat belajar dengan lebih baik.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *