Berbicara mengenai kriteria sekolah unggul, seolah tidak ada habisnya. Mulai dari keunggulan dari segi fasilitas, sumber daya, dan lain sebagainya. Jadi, tidak heran jika banyak anak direkomendasikan untuk belajar di sekolah unggul termasuk di sekolah unggul Balikpapan. Kenapa? Ini dia alasannya.

Keuntungan Siswa yang Belajar di Sekolah Unggulan

  1. Mendapatkan Kurikulum yang Tepat

Beda sekolah memungkinkan beda pula kurikulumnya. Ada yang menganut kurikulum nasional, ada juga sekolah yang menganut beragam kurikulum lain seperti International Baccalaureate dan lain sebagainya. Dengan belajar di sekolah unggulan, siswa akan mendapatkan kurikulum tepat sasaran sebab salah satu aspek yang menunjukkan sekolah bisa dikatakan sebagai sekolah unggulan yakni memiliki kurikulum yang menunjang suksesnya belajar setiap siswa. Namun demikian, bukan berarti sekolah di sekolahan lain tidak menjamin siswanya untuk sukses dalam belajar ya. Tetap saja setiap siswanya harus memiliki pendirian kuat untuk giat belajar di mana pun sekolahannya.

  1. Nyaman dalam Belajar

Pengembangan sekolah unggul yang juga menjadi patokan adalah tingkat kenyamanannya dalam kegiatan belajar mengajar. Salah satu sebabnya adalah lingkungan yang kondusif. Siswa yang bersekolah di sekolah unggul cenderung lebih merasakan nyamannya belajar yang disebabkan karena lingkungan yang lebih kondusif. Sedangkan lingkungan yang kondusif sendiri biasanya berasal dari komunikasi antar warga sekolah yang baik, kebersihan sekolah terjaga, fasilitas belajar memadai, dan lain sebagainya. 

  1. Mendapatkan Beragam Layanan

Keunggulan lain yang diperoleh seorang siswa ketika dirinya bersekolah di sekolah unggulan adalah lebih mendapatkan pelayanan yang maksimal. Sebab, di sekolah-sekolah yang notabene merupakan sekolah unggulan, biasanya memiliki banyak layanan seperti fasilitas lengkap dan kegiatan ekstrakurikuler yang beragam. Dengan demikian, siswa bisa lebih leluasa dalam mengembangkan minat bakatnya di sekolah tersebut tanpa merasa kekurangan fasilitas pendukungnya. Bahkan, biasanya kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung berkembangnya minat bakat siswa selalu didampingi dengan guru atau pakar yang ahli di bidangnya. 

Keuntungan Orangtua yang Anaknya Belajar di Sekolah Unggulan

  1. Merasa Lebih Tenang

Dengan segala fasilitas yang diperoleh oleh buah hatinya di sekolah unggulan termasuk di sekolah unggul Balikpapan, tentu akan membuat setiap orangtua lebih merasa tenang aman. Dirinya tidak perlu khawatir lagi apakah anaknya memperoleh pelayanan maksimal dalam hal belajar atau tidak. Sebab, segala aktifitas yang dibutuhkan sudah dijamin oleh pihak sekolah untuk kebaikan setiap siswanya.

  1. Sering Mendapat Kabar yang Membanggakan

Tidak sedikit siswa yang sekolah di sekolah unggulan meraup banyak prestasi. Hal tersebut menjadi alasan kuat kenapa orangtua ingin anaknya belajar di sekolah unggulan. Mulai dari mendapatkan kabar melalui mulut ke mulut, hingga kabar dari sosial media, membuat setiap orang tua terpacu untuk menyekolahkan anaknya di sekolah unggulan. Dengan harapan bahwa ketika anaknya sekolah di sekolahan tersebut, maka dirinya akan sering mendapatkan kabar membanggakan dari prestasi yang dihasilkan oleh si buah hatinya. Dan itulah yang terjadi ketika orangtua menyekolahkan si buah hati di sekolah unggulan.

Demikian pembahasan terkait alasan siswa dianjurkan belajar di sekolah unggulan termasuk di sekolah unggul Balikpapan. Namun perlu diingat, di mana pun si anak menempuh kegiatan belajar, dirinya tetap harus semangat dan sebagai orangtua tetap harus mendukung atau mensupport. Semoga bermanfaat.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *