Bagi sebagian pebisnis pasti tidak akan asing lagi dengan manajemen pada software ERP. Software ini dapat membantu memudahkan setiap perusahaan dalam pengelolaan produk dan data keuangan.

Apa itu ERP?

ERP  merupakan singkatan dari Enterprise Resource Planning, yang merupakan sebuah software untuk membantu pengelolaan sebuah bisnis. Masuk ke Indonesia pada beberapa tahun lalu, ERP menawarkan banyak kemudahan bagi para pelaku usaha. Ini karena, dengan adanya software ERP mereka tidak perlu lagi menggunakan cara manual dalam mengumpulkan data-data bagi bisnis mereka.

Untuk dapat menggunakan software ERP, Anda perlu menyiapkan hardwarenya terlebih dahulu, bisa menggunakan komputer, laptop, atau PC yang mumpuni untuk digunakan sebagai pusat data.

Integrasi e-commerce dan ERP

E-commerce merupakan sebuah perdagangan elektronik yang dilakukan secara online. Menghubungkan e-commerce dan ERP akan membantu Anda dalam mengelola pesanan, mengatur ketersediaan barang, membantu mengelola laporan secara otomatis, membantu mengelola laporan data akuntansi dll. 

Singkatnya, mengintegrasi e-commerce dan ERP, berarti Anda memanfaatkan software ini untuk dihubungkan dengan e-commerce milik Anda untuk mengelola secara otomatis. Seperti melakukan update otomatis pada data stok barang, mencatat setiap laporan dari orderan dll.

Namun, sebelum melakukan integrasi e-commerce dan ERP dengan segala kemudahan yang ditawarkan diatas, Anda juga perlu mempertimbangkan kekurangan dari menggunakan software ini, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. 

Kerugian menggunakan sistem ERP

  1. Diperlukan biaya yang tidak sedikit saat pertama kali menggunakan software ini

Jika ingin menggunakan perangkat lunak yang baru dalam memanajemen sistem bisnis Anda, sudah pasti diperlukan modal yang cukup besar untuk membuat software yang dibutuhkan. Selain itu, menggunakan software ERP diperlukan keahlian khusus, biasanya jasa pembuat software akan memasukkan biaya pelatihan dalam penggunaannya saat pembuatan software ini.

Disarankan untuk memilih paket pertahun agar dapat memudahkan Anda jika perangkat lunak memerlukan pembaruan, saat software diperbarui, Anda perlu menyesuaikan penggunaan tersebut dengan arahan dari jasa pembuatan software. Dengan memilih paket pertahun akan menghemat budget untuk dapat menggunakan software ini.

  1. Input data secara manual

Kekurangan berikutnya dari menggunakan software ERP yaitu, Anda harus menginput data produk ke dalam sistem satu persatu. Ini berlaku bagi perusahaan yang sudah lama ataupun perusahaan baru.

Bagi perusahaan lama, tingkat kesulitannya mungkin sedikit berkurang karena sudah terbiasa dalam melakukan penginputan data produk. Namun bagi perusahaan baru, ini akan sedikit repot karena dibutuhkan ketelitian khusus saat menginput produk ke dalam sistem, terlebih jika produknya banyak dan beragam. 

Pastikan memilih karyawan yang sabar dan teliti untuk melakukan input data produk, agar tidak menimbulkan kekacauan saat software tersebut akan digunakan.

Bagaimana, sudah lebih memahami kelebihan dan kekurangan dalam integrasi e-commerce dan ERP? Terlepas dari kekurangannya, software ERP memiliki banyak manfaat yang dapat memudahkan manajemen bisnis, meski memang diperlukan modal yang cukup besar dalam menerapkannya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *