Selain jenis – jenis mesin espresso, seperti otomatis, super otomatis, manual hingga profesional, ternyata ada juga mesin espresso Astoria portable, lho. Sesuai namanya, mesin ini dapat dengan mudah dibawa kemana – mana oleh pemiliknya. Nah, mesin portable ini terdiri dari rock presso dan mini presso. Kira – kira apakah cara kerjanya tetap sama dengan mesin espresso pada umumnya? Yuk, simak penjelasan dibawah ini!

Mini Presso

Mini presso ini memiliki tiga bagian utama, yakni bagian atas, tengah serta bawah. Bagian atas ini dilengkapi oleh wadah takaran yang berfungsi untuk menaruh kopi yang ingin diseduh. Bagian tengah mesin ini dilengkapi piston semi otomatis yang berguna untuk kompresi udara. Sedangkan, pada bagian bawah mesin ini digunakan untuk mengumpulkan air panas. 

Cara kerja mesin espresso Astoria ini yaitu, langkah pertama taruhlah kopi ke dalam wadah yang sudah disiapkan. Setelah dipadatkan dengan tamper, tempelkan wadah yang telah berisi kopi pada bagian tengah mesin, lalu putar. Setelah itu, air akan diisi kedalam penampung yang berada di bagian bawah mesin. Karena mesin ini tidak memiliki boiler, maka gunakanlah air panas yang telah dididihkan. 

Tahap terakhir yaitu masaklah kopi dengan air panas dan dibantu dengan kompresi udara. Agar mendapatkan kompresi udara, lepaslah pompa dari kunci pada bagian tengah mesin. Kemudian pompalah dengan cara seperti anda memompa ban sepeda, yaitu menggunakan dua tangan. Tidak sampai satu menit memompa, espresso sudah dapat dinikmati. 

Rock Presso

Sama dengan mini presso, rock presso ini juga tidak membutuhkan aliran listrik untuk menggunakannya. Cara kerja mesin espresso Astoria ini yaitu, tuanglah bubuk kopi pada portafilter. Lalu masukkan air panas yang mendidih ke tempatnya dengan takaran 60 ml (double espresso). Pastikan lengan mesin sudah tertutup, ya! 

Selanjutnya, tariklah kedua lengan mesin ke atas secara perlahan, dan air akan membasahi bubuk kopi. Lalu tekan kedua lengan ke bawah dengan mantap dalam satu gerakan. Jika sudah mentok, tahanlah posisi tersebut terlebih dahulu dan jangan mengendur. Lalu lepaskan tekanan tersebut jika air sudah tidak mengucur. Secangkir espresso siap untuk dinikmati. 

Begitulah cara kerja mesin espresso portable yang dapat mempermudah anda membuat kopi. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *