Apa yang anda rasakan saat listrik tiba-tiba padam? Pasti sangat kesal dan mengecewakan apalagi di masa pandemi, pekerjaan dilakukan di rumah. Oleh sebab itu salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini dengan menggunakan genset. Berbicara tentang genset, buat anda yang menginginkan genset sebenarnya harga genset termurah atau mahal tidak jadi masalah, asal sering dilakukan perawatan pada genset sendiri. Tips merawat genset di bawah ini. 

Panasin genset secara teratur 

Pemanasan genset ini wajib dilakukan sebanyak sekali dalam seminggu. Jadi, bukan hanya mobil atau motor saja, yang harus dipanaskan tetapi juga genset. Hal ini bertujuan agar genset tetap aktif. 

Cek aki genset 

Harga genset termurah belum tentu gensetnya tidak berkualitas. Beberapa merek menawarkan genset dengan aki yang baik dan harga terjangkau. Aki merupakan komponen utama pada genset makanya harus dilakukan pengecekan aki. Anda perlu memeriksa alur koneksi terminal aki atau pastikan aki tidak berkarat

Periksa indikator mesin 

Tips merawat genset selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan pada indikator mesin. Mulai mengecek dari suhu radiator atau tekanan oli. Tidak hanya itu cek Kembali performa mesin pada saat dinyalakan. Apabila terjadi masalah, anda bisa langsung memperbaikinya. 

Cek sistem pembuangan 

Untuk mengecek sistem pembuangan, anda bisa memeriksa knalpot dan asap yang dikeluarkan oleh genset. Jika asap terlalu berlebih maka ada masalah pada kualitas bahan bakar dan udaranya. Dalam membeli genset, harga dan kualitas harus diperhatikan. 

Harga genset termurah cukup dicari agar bisa disesuaikan dengan budgetnya. Jadi, anda bisa mencari di toko genset untuk mengetahui harga dan bagian-bagian genset. 

Rawat pelumas dan pendingin genset 

Merawat genset memberikan banyak manfaat salah satunya genset dapat tahan lama. Anda harus merawat tingkatan oli pada mesin ketika dimatikan. Caranya matikan mesin dan tunggu selama 10 menit untuk melihat level oli. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerusakan pada oli dan filter dalam mesin. 

Tidak hanya pelumasnya, namun sistem pendinginnya. Biasanya genset rawan rusak pada bagian radiator fin atau sirip pendingin. Gunakan kompresi udara dengan tekanan rendah untuk membersihkan radiation. Anda dapat memeriksa pada bagian coolant dan pastikan mesin tidak menyala. 

Ganti sparepart genset 

Pergantian sparepart ini dilakukan bila genset sudah digunakan waktu yang lama. Anda dapat membaca terlebih dahulu buku panduan genset untuk mengetahui komponen genset. 

Demikianlah tips merawat genset agar tetap awet. Untuk menemukan harga genset termurah, anda bisa mencari informasi di toko jual genset langsung atau melalui toko online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *