Perkembangan zaman dari waktu ke waktu sangat mempengaruhi sistem perdagangan, hampir di semua aspek. Pergeseran pola perdagangan yang sebelumnya menggunakan cara tradisional, berubah menjadi era modern atau biasa dikenal dengan e-commerce. Salah satu hal yang terdampak adalah penyediaan pergudangan, sehingga perlu meningkatkan dan mengoptimalkan e-commerce warehouse management.

Apa yang dimaksud dengan Warehouse Management?

Warehouse e-commerce atau nama lainnya gudang penyimpanan digunakan sebagai ruang penyimpanan produk berbasis e-commerce sebelum dijual secara online. Dalam pengelolaannya pun memiliki tantangan tersendiri, terutama jika toko sedang mengalami perkembangan yang pesat.

Dalam mengatur e-commerce warehouse management, tentunya bukan perkara yang mudah, diperlukan ketelitian yang tinggi, bahkan kebanyakan saat ini hampir semua bisnis besar baik yang berbasis e-commerce maupun non e-commerce ketika mencari tenaga kerja untuk gudang lebih mengutamakan pekerja yang sudah professional di bidangnya.

Warehousemanagementsystem atau biasa kita kenal dengan manajemen pergudangan adalah sistem yang biasa membantu stakeholder dalam pengelolaan barang baik yang akan masuk ke gudang maupun yang akan ke luar gudang. Sehingga proses leadtime lebih cepat, dapat mengetahui transaksi inventory dan mengetahui jumlah stok lebih cepat secara realtime. 

Dengan adanya sistem manajemen pergudangan yang baik, dapat mengetahui dan juga mengatur lokasi pendistribusian barang dengan baik. Jika pengelolaannya baik, sudah pasti bisnis atau usaha e-commerce dapat berjalan lancar, berkembang baik, dan memperoleh keuntungan yang optimal.

Manfaat Penggunaan E-commerceWarehouse

Adanya warehouse atau gudang penyimpanan untuk e-commerce sangat memberikan keuntungan atau manfaat bagi anda yang menekuni bisnis e-commerce terutama yang bisnisnya berskala menengah hingga berskala besar. Berikut manfaat E-commerce Warehouse:

  1. Dapat meningkatkan inventaris

Dengan adanya gudang penyimpanan barang atau warehouse, menjadikan produk lebih aman dan terjaga dengan baik. Dan juga ketika produk akan didistribusikan kepada konsumen, dapat dilakukan dengan cepat dan terpantau dengan baik. Stok barang juga dapat terupdate dengan cepat dan akurat. 

Tidak hanya ketika ada barang keluar dari gudang, jika ada barang yang akan masuk ke gudang pun dapat terpantau dan jumlah stok dapat terdata dengan akurat.

  1. Pengiriman produk lebih cepat

Dengan outsourcing ke gudang penyimpanan barang, anda dapat memenuhi harapan konsumen dalam pengiriman barang yang cepat dan tepat waktu. Dengan begitu terbangun kepercayaan dan loyalitas konsumen pada bisnis anda. Kemudian toko bisnis anda mendapatkan ulasan yang baik, dan dapat menarik minat konsumen lain.

Demikian tadi sudah kita bahas sedikit mengenai pengertian dari e-commerce warehouse management. Dan ternyata gudang penyimpanan barang memberikan manfaat yang cukup penting bagi suatu bisnis terutama bagi mereka  yang memiliki bisnis dengan skala besar. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *