Anda pasti sering menemui mesin Espresso yang terpampang dibalik meja bar coffe shop. Jenis dan bentuknya pasti berbeda-beda pada setiap kedai. Sesuai dengan nama yang tertancapkan pada mesin, teknologi tersebut menjadi tonggak awal lahirnya sebuah sajian minuman kopi Espresso. Mau tahu spesifikasi lengkap dari mesin tersebut? Simak ulasannya di bawah ini.

Mesin Portafilter

Bagian mesin ini berfungsi sebagai wadah bubuk kopi yang akan diekstraksi. Mesin portafilter terdiri atas basket, handle dan juga spouts.

Mesin Water Boiler

Boiler merupakan tabung atau kontainer yang terdapat di dalam mesin Espresso. Bagian ini berfungsi untuk menyimpan air panas dalam pembuatan Espresso atau membuihkan susu pada mesin espresso.

Group Head

Group Head berfungsi untuk mengekstraksi kopi dengan menggunakan tekanan tinggi. Group Head merupakan sebuah pintu yang bisa mempertemukan air panas dari water boiler dengan bubuk kopi portafilter. Biasanya pada mesin Espresso super otomatis tidak terdapat group head dan portafilter karena hanya tinggal memasukkan kopi dengan menggunakan tombol.

Extraction Switch

Bagian ini berfungsi sebagai tombol untuk memulai dan menyudahi proses ekstraksi. Tombol ini umumnya tidak ditemui pada jenis mesin manual. Mesin otomatis berbeda tipe juga memiliki tombol yang berbeda, ada yang sekali tekan dan ada yang perlu menekan kembali agar dapat menghentikan prosesnya.

Steam Wand

Bagian ini berfungsi sebagai pipa penyembur uap agar bisa membuihkan susu dan juga memanaskannya. Proses membuihkan susu dinamakan frothing yang biasa digunakan dalam pembuatan sajian minuman menggunakan campuran susu, seperti cappuccino, mochacino dan latte.

Tamper

Fungsinya untuk memadatkan bubuk kopi yang ada pada portafilter mesin espresso dengan cara menekannya. Bentuknya menyerupai stempel atau alat cap.

Drip Tray

Sebagai wadah tempat tetesan atau sisa air untuk mengekstrak kopi. Tidak hanya digunakan untuk menampung air, tetapi juga ampas atau sisa bubuk kopi yang sudah tercecer.

Steam Knob

Steam Knob merupakan tombol untuk mematikan dan menghidupkan semburan uap steam wand. Tiap jenis mesin memiliki tombol yang berbeda dan ada yang bisa ditekan atau diputar. Tombol putar digunakan untuk dapat mengatur jumlah uap yang dikeluarkan pada mesin Espresso.

Knockbox

Wadah untuk membuang ampas kopi pada portafilter setelah proses ekstrak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *